Banua Oge



Banua Oge
Bagikan :

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu dan ingin menikmati keindahan Budaya Tanah Kaili. Anda dapat mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di Kota Palu. Salah satunya adalah Rumah peninggalan Raja - raja yang berkuasa di Tanah Kaili pada masanya. Bangunan atau rumah ini oleh masyarakat Kota Palu di kenal dengan sebutan Sou Raja yang artinya Rumah Raja atau yang sekarang ini juga di sebut Banua Oge atau Banua Mbaso yang artinya Rumah Besar.

Pembangunan Banua Oge atau Souraja atas prakarsa raja Yodjokodi pada sekitar abad 19 masehi. Souraja berfungsi ganda, yaitu sebagai tempat tinggal keluarga raja dan juga sebagai tempat pusat pemerintahan kerajaan.

Pada masa pendudukan bala tentara Jepang di Palu antara tahun 1942 – 1945, bangunan Souraja diambil alih dijadikan kantor pemerintahahan selama masa pendudukan. Kemudian pada Tahun 1958, Souraja digunakan oleh tentara Nasional Indonesia sebagai asrama tentara dalam kegiatan operasi penumpasan pemberontakan PERMESTA di Sulawesi Tengah.

Bangunan Banua Oge atau Souraja adalah rumah panggung yang menggunakan kayu sebagai konstruksi bangunannya, dengan bentuk arsitektur tradisional kaili. Luas keseluruhan bangunan Banua Oge adalah 32 X 11,5 meter

Peta Lokasi

Dapatkan Arah


Galeri

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

Ulasan