MATANTIMALI



MATANTIMALI

Desa Matantimali, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Sigi

Bagikan :

Matantimali merupakan sebuah desa yang berada di Gunung Gawalise. Tepatnya di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Sigi. Matantimali bisa dikatakan sebagai "Negeri Diatas Awan" karena letaknya berada pada ketinggian kurang lebih 1000 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Matantimali menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Sulawesi Tengah. Desa matantimali terkenal dengan spot paralayangnya, yang merupakan salah satu spot paralayang terbaik di Indonesia bahkan dunia sehingga pernah dijadikan sebagai lokasi event parayalang internasional.

Jarak Matantimali dari Kota Palu cukup dekat 11,5 km dengan jarak tempuh 40 menit. Pemandangan sepanjang jalan menuju Matantimali berupa landscape pemandangan alam hutan hijau serta landscape pemandangan Kota Palu yang dikelilingi pegunungan. Kondisi jalan dari Kota Palu menuju Desa Matantimali dalam kondisi baik beraspal.

Karena letaknya yang cukup dekat dengan Kota Palu, Matantimali menjadi lokasi favorit bagi masyarakat Kota Palu dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan. Disekitar spot paralayang Matantinmali biasanya dijadikan sebagai area camping ground oleh wisatawan yang ingin menginap menghabiskan akhir pekan.

Malam hari merupakan waktu terbaik di Desa Matantimali karena wisatawan bisa melihat landscape keindahan Kota Palu dengan gemerlap kelap-kelip lampu kota dan keindahan teluknya, wisatawan juga bisa melihat pesawat take off dan landing di Bandara Mutiara Sisi-Aljufri dari Desa Matantimali.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berkemah, paralayang, menjelajah, dll. Disekitar Desa Matantimali juga terdapat sebuah destinasi wisata yang unik berupa rumah pohon yang dibangun diatas ketinggian lereng gunung gawalise. 



Tips

- Bagi wisatawan dari luar kota sebaiknya meminta bantuan kepada orang sekitar atau dari agen tour & travel terpercaya, mengingat tempatnya agak sulit dijangkau bagi yang pertama mengunjungi tempat ini dan tidak terdapat angkutan umum menuju ke objek wsiata.

- Cuaca disekitar Matantimali sangat dingin pada malam hari sehingga perlu membawa jaket dan perlengkapan untuk menginap jika ingin menginap.

- Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena jalan menuju puncak matantimali agak sempit.

- Diharapkan membawa kantong kresek untuk sampah ketika menginap agar kebersihan tetap terjaga.

- tidak perlu khawatir untuk yang tidak membawa makan cukup membawa uang lebih karena di sekitar objek wisata banyak terdapat warung yang menajjakan makanan dan minuman.

- Untuk akir pekan diharapkan berangkat lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang sering terjadi di jalan menuju Desa matantimali

Peta Lokasi

Dapatkan Arah


Galeri

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

Ulasan