Objek Wisata Pantai Enu



Objek Wisata Pantai Enu

Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala

Bagikan :

Kabupaten Donggala memiliki banyak potensi wisata yang memiliki nilai jual yang tinggi namun belum terekspose secara maksimal. Potensi wisata yang dimiliki oleh objek-objek wisata ini tidak kalah dengan objek-objek wisata yang lebih dulu terkenal seperti Tanjung Karang, Pusentasi, dan Boneoge. Salah satu kawasan yang memiliki prospek yang cerah adalah kawasan wisata pantai Enu. 

Pantai Enu terletak di sebelah utara Kota Palu, tepatnya di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Desa Enu terletak di pesisir barat Sulawesi Tengah. Masyarakat Sulawesi Tengah sering menyebut kawasan pesisir barat Sulawesi Tengah ini dengan sebutan “Pantai Barat”. Pantai Enu berjarak sekitar 40 km dari Kota Palu. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkot dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan indah khas pesisir di sebelah kiri dan pegunungan yang berderet rapi di sebelah kanan. Hembusan angin khas pesisir pantai seakan menyejukkan saat terik matahari terasa menyengat. Suasana desa yang masih hijau dan tradisional semakin memanjakan mata anda.  

Daerah sekitar pantai Enu masih lebat dengan pepohonan tropis, berlatar belakang pegunungan dan dengan pantai yang berbatu. Pantainya berhadapan langsung dengan objek wisata Tanjung Karang. Pantai Enu memiliki karakteristik taman laut yang indah, bergua-gua, soft coral, tempat berhuni berbagai jenis ikan dan sebagainya. Pantai ini cocok untuk anda yang gemarsnorkeling, wind surfing dan diving. Peralatan untuk snorkeling dan diving dapat disewa oleh pengunjung di tempat ini.

Lingkungan pantai ini masih bersih, indah, damai dan nyaman. Ketika melangkahkan kaki di Pantai Enu, anda akan disuguhi oleh keindahan pantai pasir putih yang bersih yang dipermanis dengan bongkahan batu karang di sepanjang pantainya. Pantai Enu sungguh menyuguhkan keindahan alam yang menenangkan jiwa. Debur ombak yang tenang, hamparan pasir putih, lautan yang luas dengan air laut yang jernih, sehingga ikan dengan jelas terlihat sedang bermain, menjadikan mata semakin terpesona. 

Jika anda lupa atau tidak membawa bekal, terdapat banyak warung yang menjajakan berbagai sajian kuliner, minuman, dan penganan yang dapat anda nikmati. Kuliner khas Kaili seperti uta kelo, duo, dan uvempoi tersedia di sini. Jangan khawatir soal harga karena pastinya terjangkau dan tidak akan merobek kantong anda. 

Pantai Enu menawarkan keindahan pantai yang menghadap ke Selat Makassar. Selat ini memisahkan Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Pemandangan yang disajikan dengan  berbeda dari tempat lainnya di sekitaran Kota Palu. Tempat wisata yang satu ini sempat menjadi tempat tujuan wisata yang populer. Namun lambat laun dengan mulai berkembangnya sarana hiburan di tempat lain, tempat ini sudah mulai kurang dikunjungi. Terlepas dari kenyataan tersebut, tempat ini tetap memiliki daya tarik tersendiri yang selalu dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung kesana.

 

Informasi ini di ambil dari sumber dan terbit atas izin penulis



Galeri

  • Image

Ulasan